Diposkan pada Waktu Luang

Blanja oh Blanja

Ada satu aktifitas kaum hawa yang tak akan pernah lekang dimakan waktu, yaitu Blanja. Mulai dari jaman batu, jaman kayu, jaman perunggu, sampai jaman sekarang di era yg apa apa internetan mulu.

Hampir ga ada cewe yang ga suka blanja. Yaaaah sampe ada istilah “Shopping is better than sex. If you aint satisfied, it can be returned” gitulaah kira-kira.

Semenjak hidup simbok terikat dengan kejamnya waktu di ibukota, simbok sering scrolling hape buat blanja. Selain karena lebih murah dibanding Windows Shopping, liat barang-barang menarik dihape jadi semacam “Me Time” dan “kabur Time” dari kerjaan kantor/rumah ato saat maceeet dijalan.

Berikut barang-barang yang pernah simbok beli onlen, mulai dari harga belasan ribu sampe jutaan rupiah.

  • Buku. Simbok pertama kali mengenal blanja onlen saat cari buku favorit (sungguh teredukasi dan terlitetasi dengan baik bukaan simbok ini..ehuuuk). Novel karya Remy Sylado berjudul Hotel Prodeo kalo digramed dibrandol 200ribu persis. Ga kurang ga lebih. Simbok tunggu berbulan-bulan siapa tau ada diskon, eh ga ada. Akhirnya googling, dan nemulah situs http://www.bukabuku.com/ dengan harga jauh lebih murah daripada gramed togamas dsb. Sampe sekarang ini situs favorit buat blanja buku.
  • Baju. Jujur simbok ga begitu yakin kalo blanja baju onlen. Selain karena foto seringkali menipu (pun seperti foto di IG mu :p), blanja baju tanpa meraba material nya kok kurang afdhol yaaa. Tapiiiii karena yg jual baju ini teman, simbok jadi sedikit pede. Selanjutnya coba-coba beberapa kali order baju di aplikasi blanja. Mulai dari baju bayi, baju Koko, gamis, dll. Hasil nya, 90% simbok puas. Sisanya beberapa kali kecele. Dan karena simbok orang yg ramah, baik hati dan suka menabung, simbok tidak pernah me-retur barang, cukup komplain dan kasih bad reputation. Tips blanja baju onlen: minta penjual utk kasih foto real pict terutama real pict zoom in materialnya. 
  • Barang Elektronik. Saat simbok mulai menempati rumah baru, cencuuu harus ada peralatan rumah yg jadi kebutuhan primer macam Kulkas, Mesin cuci, kompor dan AC (konon Bekasi adl salah satu titik neraka bocor). Sebelumnya simbok dan suami sudah keliling Carrefour, Electronic city, Giant, Hypermart dan beberapa toko elektronik lainnya. Tiap pergi ke tempat tersebut kami bawa catatan yg berisi type dan jenis barang plus harga dimasing-masing tempat ditulis dalam bentuk kolom. Niat banget yesss wkwkwk….ini demi menghemat tiap rupiah pasangan baru menikah. Dan pas googling ketemu dengan https://www.hartonoelektronika.com/  Wawww kami ga asing dgn toko Hartono Elektronik karena di Surabaya dan Malang toko ini cukup terkenal dan harga nya miring dibanding yang lainnya. Surprise nya mereka punya online shop lebih dulu dibanding Carrefour dan Electronic city. Jadilah kami membandingkan harga di catatan dgn katalog onlen nya Hartono. Daaaan hasilnya: kulkas Samsung 2 pintu lebih murah 500an dibanding yang lain, mesin cuci LG lebih murah 500, kompor Rinai lebih murah 200an. Dengan ongkir ke Bekasi 150ribu (kalo Jakarta free) masih murah 1jutaan laaaah.. Wawww simbok hepiiiiiiiiii sekaliiii…langsung promoin Hartono Elektronik ini ke temen-temen kantor. PS: waktu simbok lagi cari-cari barang, Hartono baru buka cabang di Jakarta tepatnya di daerah Pondok Indah (kalo dari PIM ke Utara arah Gancit kiri jalan). Waktu itu koleksinya belum lengkap, jadi simbok order pengiriman barangnya dari Surabaya. Eh Hartono sekarang ada mobile aplikasinya loh. Cusss download bagi yg mau isi rumah.
  • Makanan. Simbok inget banget waktu itu lagi hitssss Nutella, Ovomaltine dan sejenisnya. Dan temen sekantor ngenalin Lazada yg free ongkir area Jabodetabek. Saat itu Lazada juga hitss abisss, barangnya emang beneran murah. Bukan cuma harga di-mark up lalu dikasih diskon kayak sekarang. Jadilah ketagihan blanja Ovomaltine, Milo, Oats, sambel Bu Rudy, dan Rendang.
  • Make up. Simbok sebenarnya bukan tipe yg suka macak karena simbok sudah cantik apa adanya. Tapiii yaaaa namanya cewe pasti adalah pengen punya pupur dan benges yg bikin kecantikan kita semakin mempesona. Tercatat simbok pernah beli gel untuk mata panda di DisDus (saat Lazada dan sejenisnya blm ada/populer) dan lipen lipcream Sleek Matte di Elevania – free ongkir Jakarta.
  • Hape. Simbok pernah beli Xiaomi Redmi 2 saat launching di Lazada seharga 1,7 juta. Di tempat lain baik offline maupun online, resmi 2 dibrandol 2,2juta. Sepertinya Lazada jadi tempat favorit buat launching hape yaa. Harganya beneran miring. Daaaan belum genap 1 bulan Redmi 2 simbok jatoh hilang diparkiran entah kemana. Ancoor pessena telor Cong!!
  • Jam tangan. Suami mau ultah, dan simbok lagi sibuk. Maka beli di olshop adalah solusi yg tepat.  Ahaaa!!! Pernah liat salah satu model jam di PIM dan simbok suka. Cumaan mehooong. Coba bandingin di olshop, harga emang lebih miring, tapi yakiiin ori ga yaa. Takutnya malah dikirim jam bodong. Hmmm…tanya ke temen yg pernah blanja jam ori akhirnya nemulah satu toko yg diliat dari IG dan Tokopedia nya sepertinya kredibel. Daaaan barang nyampe dgn selamat, beneran ori dengan harga yg miring dibanding yg di PIM. Simbok sukkaaaa. Suami maaaakin suka.
  • Mainan. Lazada masih jadi favorit buat blanja mainan anak. Simbok pernah beli mainan yg harga diluaran ratusan ribu bahkan di mothercare 300ribu dengan bentuk dan material sangat mirip di Lazada cuma 45ribu 😀 Saat barang datang satu set mainan ada 6 item, dan 3 diantaranya baret-baret dan kusam kayak bekas. Yaaa sudahlah yaaa…murah kok njaluk selamet.
  • Perlengkapan Dapur/Rumah. Ini adalah khilaf simbok kalo lagi scrolling hape. Entah kenapa iman ini ga kuat kalo liat barang-barang lucu buat menghuni rumah meski ga butuh-butuh amat. Tercatat simbok pernah beli: kaset cendol + lap tangan cendol, set pisau Dapur, gelas unyu-unyu, panci presto, oven,panci kukus, jam dinding lucuu, vas bunga lucuu, taplak meja etnis, rice cooker, blender smoothies, album foto dan lain-lain. Ini bener godaan iman. Simbok sukanya nyari di Lazada, Elevania, dan Tokopedia.
  • Perlengkapan Bayi. Semenjak simbok hamil dan temen-temen sebaya juga udah mulai punya Baby. Berburu perlengkapan Dapur/rumah mulai beralih ke berburu perlengkapan bayi. Mulai dari baju, sepatu, mainan, peralatan makan, kasur bayi, buku bayi, bantal guling dsb. Tokopedia jadi tempat favorit kali ini. Lazada masih favorit khusus buat beli Pampers saja yg gedhee diskonnya.
  • Barang geje. Ini nih kalo blanja jadi semacam aktifitas rutin (ngeles kalo kecanduan :p). Simbok pernah beli stiker scrapbook dan manik-manik seharga 11ribu dan 24ribu dari China sono pake aplikasi Aliexpress. Dan itu semua free ongkir loooh……..hahhahaa……….eh ga free juga sih, pas nyampe Indonesia kurir dari Pos Indonesia minta tambahan 3ribu buat biaya kirim di Jabodetabek dan pernah kirim ke Madiun kena charge 25ribu pas beli baju di Aliexpress. Sepertinya free ongkir berlaku utk pengiriman China-Indonesia/Jakarta. Distribusi Jakarta ke kota lain yaa tetep kena charge.

    Pas simbok pulang kampung “bina desa untuk keluarga” kebiasaan positif (ehemm) ini lanjut. Berhubung ongkir nya mehong, simbok mulai jatuh hati lah pada Shopee yg menawarkan free ongkir up to 30ribu untuk minimal blanja 120ribu. Sangat membantu!

    Jadi apa aplikasi blanja favorit mu sist??

    Iklan

    Penulis:

    mom of 1 son, dreamers, orang yang hidup dilingkungan M

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s